Kamis, 08 November 2018

Pengertian Puasa dan Pentingnya Bagi Umat Islam


Puasa bulan Ramadan adalah salah satu dari lima rukun Islam. Sahabat Abdullah bin Umar ibn al-Khattab berkata, "Aku telah mendengar Rasulullah (saw) mengatakan: "Agama Islam didasarkan pada lima yaitu membaca dua kalimat syahadat, mendirikan sholat, membayar zakat, puasa ramadhan dan pergi haji" (H.R Bukhari, Muslim).
Puasa bulan Ramadan adalah salah satu tindakan yang wajib dilakukan seorang yang beriman. Ini adalah tindakan membersihkan pikiran, tubuh dan jiwa. Selain itu, puasa juga merupakan tindakan yang membawa hati umat Islam ke tingkat lebih tinggi, dimana mampu merasakan penderitaan terhadap sesama. Jadi Apa artinya berpuasa?
Puasa berarti "pembatasan" tanpa syarat dari semua tindakan maupun kata-kata dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.Menurut Hukum, puasa termasuk yang menahan diri dari melakukan aktivitas seksual, menahan diri dari menelan apa pun di tubuh yang disengaja atau tidak disengaja dari waktu ketika matahari mulai terbit sampai saat matahari terbenam, disertai dengan niat untuk berpuasa oleh setiap orang yang diwajibkan untuk berpuasa.
Menahan diri dari aktivitas seksual itu termasuk tindakan seksual itu sendiri dan ejakulasi yang disengaja. Sedangkan menahan diri dari menelan apa pun di tubuh mengacu pada tindakan memasukkan makanan, minuman atau obat-obatan dalam tubuh. Sementara dari waktu ketika matahari terbit sampai matahari terbenam menuju pada waktu Fajar sampai waktu masuk Magrib.
Dengan niat untuk berpuasa berarti bahwa seseorang harus memiliki niat untuk berpuasa untuk membedakan apakah seseorang benar-benar melakukan ibadah atau hanya seseorang menahan diri dari makan, minum, atau berhubungan seks. Bagi individu yang diwajibkan berpuasa artinya bahwa seseorang harus bebas dari situasi yang akan mencegah keabsahan puasa seperti menstruasi atau nifas, orang yang tidak berakal, orang sakit dan lain sebagainya.